Setiap individu dan non-individu memiliki 10 digit kode alfanumerik unik yang disebut Nomor Rekening Permanen (PAN). Kartu identitas ini telah dinasionalisasi. Setiap transaksi atau aktivitas keuangan, termasuk membayar pajak dan mengajukan SPT, memerlukan KTP ini. Anda harus membayar biaya dan retribusi tertentu untuk mengajukan atau melakukan perubahan apa pun pada kartu PAN yang ada.
Berapa Biaya Kartu PAN?
Apakah Anda memerlukan kartu PAN fisik atau tidak dan cara Anda mengajukan permohonan akan menentukan harga kartu PAN. Tabel di bawah mencantumkan biaya kartu PAN untuk alamat di India:
Detailnya | Cara pengajuan permohonan kartu PAN | Biaya (termasuk pajak yang berlaku) |
Ketika kartu PAN fisik diperlukan | Permohonan PAN diajukan di pusat fasilitasi NPWP/PAN center atau secara online dengan cara penyerahan dokumen secara fisik | Rp. 107 |
Ketika kartu PAN fisik diperlukan | Permohonan PAN diajukan secara online melalui mode paperless | Rp. 101 |
Bila kartu PAN fisik tidak diperlukan (kartu e-PAN akan dikirimkan ke ID email) | Permohonan PAN diajukan di pusat fasilitasi NPWP/PAN center atau secara online dengan cara penyerahan dokumen secara fisik | Rp. 72 |
Bila kartu PAN fisik tidak diperlukan (kartu e-PAN akan dikirimkan ke ID email) | Permohonan PAN diajukan secara online melalui mode paperless | Rp. 66 |
Bagaimana Cara Membayar Biaya Kartu PAN Online?
Saat mengajukan permohonan kartu PAN online, Anda juga dapat membayar biaya permohonan. Ini adalah proses berurutan:
- Langkah 1: Kunjungi situs web UTIITSL atau NSDL.
- Langkah 2: Pilih Formulir 49A dan lengkapi dengan informasi yang diperlukan.
- Langkah 3: Bayar biaya pemrosesan secara online dan kirimkan formulir yang sudah diisi.
- Langkah 4: Anda akan mendapatkan tanda terima pengakuan setelah diproses.
- Langkah 5: Gunakan otentikasi OTP Aadhaar untuk menandatangani aplikasi Anda secara elektronik. Alternatifnya, setelah 15 hari menyelesaikan aplikasi online Anda, Anda dapat mengirimkan aplikasi Anda dan dokumentasi yang diperlukan ke kantor NSDL/UTIITSL.
- Langkah 6: Kartu PAN akan dikirimkan ke alamat Anda dalam 15 hari kerja setelah otentikasi NSDL atau UTIITSL.
Bagaimana Cara Membayar Biaya Kartu PAN Offline?
- Langkah 1: Dapatkan Formulir 49A, atau permohonan kartu PAN, dari situs web Protean TIN. Salinan ini juga dapat diperoleh dari perwakilan di pusat TIN-FC atau PAN kantor Protean/UTIITSL.
- Langkah 2: Lengkapi formulir dan berikan dokumentasi pendukung yang diperlukan, seperti foto ID.
- Langkah 3: Membayar biaya pemrosesan dan mengajukan dokumentasi pendukung ke pusat TIN-FC atau PAN kantor Protean/UTIITSL.
- Langkah 4: Dalam waktu 15 hari kerja, kartu PAN akan dikirimkan ke alamat Anda.
Biaya Duplikat Kartu PAN
Pengajuan duplikat kartu PAN dapat dilakukan secara online maupun offline. Biaya dan ongkos untuk mendapatkan duplikat kartu PAN di dalam atau di luar India ditunjukkan pada tabel berikut:
Detailnya | Cara penyerahan dokumen | Biaya (Tidak Termasuk Pajak) | Biaya (Termasuk Pajak) |
Kartu e-PAN akan dikirimkan ke alamat surat yang diberikan | Permohonan diajukan ke pusat fasilitasi NPWP/pusat PAN atau secara online dengan cara penyerahan dokumen secara fisik | Rp. 61 | Rp. 72 |
Kartu e-PAN akan dikirimkan ke alamat surat yang diberikan | Aplikasi diajukan secara online melalui mode tanpa kertas | Rp. 56 | Rp. 66 |
Pengiriman kartu PAN ke alamat India | Permohonan diajukan ke pusat fasilitasi NPWP/pusat PAN atau secara online dengan cara penyerahan dokumen secara fisik | Rp. 91 | Rp. 107 |
Pengiriman ke alamat di luar India | Rp. 862 | Rp. 1017 | |
Pengiriman kartu PAN ke alamat India | Permohonan PAN diajukan secara online melalui mode paperless | Rp. 86 | Rp. 101 |
Pengiriman ke alamat di luar India | Rp. 857 | Rp. 1011 |
Biaya Kartu PAN bagi WNI yang Tinggal di Luar Negeri
Untuk berbisnis di luar India, diperlukan kartu PAN. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui biaya kartu PAN dan biaya di luar India jika Anda tinggal di sana:
Modus Aplikasi | Kartu PAN Fisik | kartu e-PAN dikirimkan ke alamat surat yang diberikan |
Online menggunakan e-KYC dan e-Sign | Rp. 1011 | Rp. 66 |
Disampaikan secara offline di pusat PAN atau pusat fasilitasi NPWP/pusat PAN atau secara online dengan cara penyerahan dokumen secara fisik | Rp. 1017 | Rp. 72 |
Biaya Cetak Ulang dan Perubahan Kartu PAN di India dan Negara Lain
Kartu PAN Anda dapat diubah atau dicetak ulang baik di India maupun di tempat lain. Biaya berikut berlaku, termasuk pajak:
- Alamat komunikasi di luar India: Rs.959
- Alamat komunikasi di India: Rs.50
Metode Pembayaran Biaya Kartu PAN
Tergantung pada status tempat tinggal pemohon, metode pembayaran yang berbeda berlaku.
Alamat untuk Komunikasi di India
Anda dapat memilih untuk membayar biayanya dengan kartu debit, kartu kredit, wesel, atau net banking jika Anda tinggal di India. Namun perlu disebutkan bahwa bank terkait akan mengenakan biaya tambahan sebesar 2,00% untuk pembayaran yang dilakukan menggunakan kredit, debit, atau kartu.
Pembayaran draf permintaan hanya boleh dibayarkan ke “NSDL-PAN,” dengan alamat surat Mumbai. DD tidak akan diterima dalam kasus lain apa pun. Akan ada biaya sebesar Rs. 4+ pajak layanan untuk pembayaran yang dilakukan menggunakan net banking.
Alamat untuk Komunikasi di Luar India
Metode pembayaran yang sama, yang mencakup wesel, kartu debit, kartu kredit, dan perbankan bersih, tersedia untuk penduduk di luar India. Namun, mereka harus membayar konversi atau nilai tukar yang relevan yang dibebankan oleh bank tertentu.
Biaya Kartu PAN dan Kartu e-PAN
Tidak ada biaya untuk kartu e-PAN; mereka sepenuhnya gratis.
Temukan Dosis BERITA dan Wawasan Harian Anda – Ikuti ViralBake di WhatsApp dan Telegram