Meskipun menggunakan Antarmuka Pembayaran Terpadu (UPI) untuk mengirim uang itu sederhana, kesalahan mungkin terjadi dan menyebabkan uang dikirim ke orang yang salah. Banyak konsumen yang salah mengirimkan uang dari ponsel mereka yang terhubung dengan UPI ke rekening bank yang salah. Hal ini terjadi karena adanya keterhubungan antara nomor telepon mereka dengan ID UPI yang terkait dengan rekening bank mereka.
Misalnya, Anda sering membayar uang ke perangkat seluler yang terhubung dengan ID UPI milik pemilik rumah. Namun tiba-tiba, nomor tersebut diberikan kepada orang lain, dan Anda tidak diberitahu tentangnya. Anda salah mentransfer dana ke nomor sebelumnya, yang kini dikaitkan dengan orang dan ID UPI yang sepenuhnya terpisah. Memulihkan uang yang ditransfer ke orang yang salah kini menjadi prioritas utama Anda.
Pakar hukum menyarankan untuk membuktikan bahwa transfer tersebut merupakan pengambilan kembali dana yang tidak disengaja yang dikirimkan ke penerima yang salah. Bank bertugas membalikkan transaksi setelah terbukti.
“Jika terjadi transfer dana ke penerima yang salah, bukti yang cukup harus diberikan oleh pengguna yang terkena dampak di hadapan bank bahwa transaksi tersebut dilakukan secara tidak benar/tidak disengaja,” kata Abhay Chattopadhyay, Partner di Economic Laws Practice.
Chattopadhyay juga menyebutkan bahwa mereka yang terkena dampak memiliki hak untuk mengajukan keluhan kepada Ombudsman berdasarkan Peraturan 8 Skema Ombudsman Transaksi Digital Reserve Bank of India, 2019 jika bank gagal memenuhi tanggung jawabnya untuk menjamin pembalikan dana yang ditransfer ke pihak yang salah. penerima.
Pentingnya melaporkan transfer uang ke rekening yang salah tidak boleh diabaikan, menurut COO-Operasi, Layanan Pelanggan, dan Fasilitas Fincare Small Finance Bank, Shreejith Menon.
Menon juga menyoroti pentingnya bertindak cepat jika dana tidak sengaja terkirim ke rekening yang salah. Untuk mendapatkan pengembalian dana, ia mengimbau konsumen untuk segera menghubungi banknya, memberikan data transaksi, dan berupaya menghubungi penerima yang tidak dituju.
Bank dapat membantu menyelesaikan perselisihan, namun kerja sama dan kebijakan diperlukan untuk mencapai keberhasilan. Kemungkinan keberhasilan penyelesaian dapat ditingkatkan dengan pelaporan yang cepat dan kerja sama yang erat.
Cobalah Cara Ini Untuk Menghubungi NPCI Untuk Bantuan Pengambilan Dana Yang Secara Tidak Sengaja Dipindahkan Ke Rekening UPI Lain
- Kunjungi https://www.npci.org.in/what-we-do/upi/dispute-redressal-mechanism untuk informasi lebih lanjut.
- Temukan area berlabel “keluhan”.
- Dari menu drop-down, pilih jenis transaksi.
- Pilih masalahnya. Misalnya, pilih 'Orang ke Orang' untuk jenis transaksi dan 'Salah dikirim ke rekening lain' untuk masalah jika Anda tidak sengaja mentransfer uang ke orang lain.
Proses pengajuan pengaduan untuk mendapatkan penyelesaian tepat waktu dijelaskan di situs web NPCI. Orang tersebut harus terlebih dahulu mengajukan keluhan melalui aplikasi UPI yang digunakan untuk menyelesaikan transaksi.
Langkah selanjutnya adalah menggunakan portal pengaduan untuk menyampaikan pengaduan ke NPCI dan bank yang memproses transaksi (PSP) jika masalah masih belum terselesaikan. Seseorang harus menghubungi ombudsman perbankan jika mereka telah mencoba segala cara lain dan masih tidak puas dengan hasilnya.
Temukan Dosis BERITA dan Wawasan Harian Anda – Ikuti ViralBake di WhatsApp dan Telegram