Departemen Telekomunikasi (DoT) mengumumkan dua inisiatif baru untuk pemangku kepentingan dan masyarakat sebagai tanggapan atas keberhasilan portal Sanchar Saathi, yang sejak diluncurkan pada Mei tahun lalu telah membantu mencegah lebih dari 1 crore koneksi palsu dan melindungi Rs 1,000 crore warga negara. uang.
“Digital Intelligence Platform (DIP),” yang dibawakan oleh Kementerian Kesehatan Devusinh Chauhan dan Menteri Komunikasi, Elektronika, dan TI Ashwini Vaishnaw, bertujuan untuk menciptakan kerja sama antar pemangku kepentingan dalam memerangi penipuan keuangan dan penyalahgunaan sumber daya telekomunikasi.
Mereka juga memperkenalkan 'Chakshu', yang tersedia di situs Sanchar Saathi, untuk memungkinkan orang melaporkan pesan penipuan yang mencurigakan terlebih dahulu. Chakshu, yang namanya diambil dari kata dalam bahasa Hindi yang berarti “mata”, memungkinkan orang melaporkan penipuan yang mereka terima melalui SMS, panggilan, atau aplikasi seperti WhatsApp.
Platform menerima keluhan ini, melakukan proses verifikasi ulang, dan memutus nomor yang dimaksud jika prosedur tersebut tidak berhasil. Pemerintah menjamin bahwa kredensial login dan informasi lainnya akan dijaga kerahasiaannya dan tidak diungkapkan kepada pihak luar.
Langkah-Langkah Untuk Mengajukan Keluhan Pada Platform Chakshu
- Kunjungi halaman web Sanchar Saathi.
- Pilih 'Laporkan Dugaan Komunikasi Penipuan- Chakshu'.
- Sebuah jendela baru akan muncul, menampilkan informasi tentang Chakshu. Untuk melanjutkan pelaporan, pilih “Lanjutkan.”
- Pilih media yang dicurigai melakukan penipuan (WhatsApp, SMS, atau telepon).
- Beri tahu kami fakta komunikasinya, termasuk apakah itu komunikasi robot, agen layanan pelanggan palsu, pekerjaan atau lotere online, atau penipuan KYC atau asuransi.
- Anda harus memberikan tanggal dan waktu, beserta tangkapan layar yang relevan.
- Anda juga harus mengisi kotak dengan rincian keluhan Anda.
- Masukkan nama dan nomor telepon Anda di tempat yang ditentukan.
- Anda akhirnya dapat mengajukan pengaduan setelah menyelesaikan verifikasi OTP.
Halaman web ini juga menyarankan mereka yang menjadi korban penipuan keuangan atau kejahatan dunia maya untuk melaporkan kejadian tersebut ke situs web Pemerintah India di https://www.cybercrime.gov.in, atau ke nomor telepon kejahatan dunia maya pada tahun 1930.
Apa itu Platform Intelijen Digital
Untuk memfasilitasi pembagian intelijen dan koordinasi secara real-time di antara para pemangku kepentingan, termasuk penyedia layanan telekomunikasi (TSP), lembaga penegak hukum (LEA), bank, lembaga keuangan (FI), platform media sosial, dan otoritas penerbit dokumen identitas, Departemen Teknologi ( DoT) juga mengembangkan Digital Intelligence Platform (DIP), yang akan bertindak sebagai hub yang aman dan terintegrasi.
Untuk mendukung pemangku kepentingan di bidangnya masing-masing, juga akan menghemat data kasus penyalahgunaan sumber daya telekomunikasi. Selain itu, ini akan berfungsi sebagai gudang backend untuk permintaan yang diprakarsai warga di portal Sanchar Saathi. Hanya pemangku kepentingan yang berwenang dengan konektivitas aman yang dapat mengaksesnya, dan ini akan mendistribusikan informasi relevan sesuai dengan tanggung jawab mereka.
Temukan Dosis BERITA dan Wawasan Harian Anda – Ikuti ViralBake di WhatsApp dan Telegram